Selasa, 16 Februari 2016

Tips Mengerjakan Skripsi atau Tugas Akhir Untuk Kamu yang Merasa Salah Jurusan

MIFTAH (4) copy
Kuliah biasa saja sudah melelahkan, apalagi mengerjakan skripsi atau tugas akhir. Tapi tenang, di sini ada beberapa tips mengerjakan skripsi atau tugas akhir untuk kamu yang salah jurusan.

1. Berdoa


Doa adalah kunci dari segalanya, lakukan segalanya dengan campur tangan Tuhan. Selain usaha, berdoa setiap hari dengan sungguh-sungguh dapat membantumu dalam proses pengerjaan skripsi atau tugas akhir. Selain itu, jauhi segala hal yang mendekatkanmu pada dosa, karena banyaknya dosa akan menghalangi terkabulnya doa. Semenyeramkan apapun dosenmu, Tuhanlah penguasa hatinya, selain berdoa untuk kelancaran proses pengerjaan skripsi atau tugas akhir, doakan pula dosen pembimbing dan dosen pengujimu agar hatinya diluluhkan oleh Tuhan.
"Kalau Tuhan maunya aku lulus, penguji bisa apa."

2. Tekad untuk lulus bagaimanapun hasilnya


Sebagian mahasiswa yang merasa salah jurusan terkadang lelah kuliah, pesimis, ingin menyerah, takut apabila kelulusannya tidak memberikan hasil yang maksimal, dan alergi dengan kata "skripsi" atau "Tugas Akhir". Hal-hal tersebut wajar, namun perlu diingat bahwa Apapun yang terjadi, kamu harus lulus bagaimanapun hasilnya.
Salah jurusan bukan alasan untuk tidak lulus. Meskipun IPK-mu imut-imut, tenang saja, bayangkanlah Bill Gates, Mark, dan tokoh inspiratif lainnya yang juga tidak mendapatkan predikat cumlaude, bahkan di-DO. Namun jangan dicontoh DO-nya, contohlah kesuksesan dan kepercayaan dirinya. Mulai sekarang, kuatkan tekad untuk lulus, bagaimanapun hasilnya, meskipun tidak semaksimal mahasiswa lain yang kuliah sesuai passion.

3. Pilih judul yang mudah


Jangankan bagi mahasiswa salah jurusan, yang tidak salah jurusan saja alergi dengan kata skripsi atau tugas akhir. Maka dari itu, supaya alergimu tidak semakin parah, siasatilah dengan memilih judul yang mudah untuk diselesaikan.
"Yang penting skripsinya kelar."
Karina
"Nyari judul skripsi itu yang  gampang-gampang aja, yang penting cepat lulus, kalau mau ilmiah-ilmiahan mah nanti aja."


4. Beri penghargaan dan hukuman untuk diri sendiri


Mengerjakan skripsi atau tugas akhir itu juga butuh niat dan mood. Oleh karena itu berikan penghargaan untuk setiap langkah baik dan hukuman apabila kamu melakukan kesalahan atau penundaan dalam proses penyelesaian skripsi atau tugas akhir. Misalnya, kalau kamu rajin mengerjakannya selama seminggu maka hadiahi dirimu dengan makan enak atau boleh ngepoin mantan sepuasnya.
Sebaliknya jika kamu malas, bahkan alergi dengan bimbingan ke dosen pembimbing, hukum dirimu, misalnya dengan berhenti ngepoin mantan. Terlebih apabila kelulusanmu mundur hingga satu atau dua tahun, maka hukum dirimu dengan ikut membiayai kuliah atau biaya kosmu, dan sebagainya. Intinya adalah jangan terlalu mengikuti mood. Tapi tenang, karena sebagai mahasiswa salah jurusan yang sudah terbiasa hidup di bawah tekanan, tentu kamu sangat bijak dalam me-manage mooddan hati.

5. Refreshing


Apabila mulai merasa bosan dan lelah, kini saatnya kamu refreshing atau piknik.Tetapi refreshing tidak harus selalu piknik, bisa juga dengan melakukan sesuatu yang kamu suka, misalnya berburu diskon (untuk wanita), main game, nongkrong, dan lain- lain.
“Jangan panik, mari piknik.”

6. Bersantai Sejenak


Otak dan mata juga membutuhkan istirahat. Oleh karena itu, jika kamu mulai lelah menatap monitor laptop ada baiknya kamu berdiri, berjalan di sekitar ruangan, lalu berbaring sambil bemain smartphone, ngepoin gebetan atau mantan, memakan camilan, tidur, dll yang membuat kamu santai.
Jika kamu merasa jenuh dengan skripsi atau tugas akhir yang bergentayangan di otak, kini saatnya kamu santai, lupakan semua hal tentang skripsi atau tugas akhir lalu lakukan hal yang kamu suka, tapi jangan kelamaan, sekadar untuk selingan saja. Jangan terlalu memaksakan diri untuk mengerjakan skripsi atau tugas akhir. Mengapa? Karena bagi kamu yang merasa salah jurusan, biasanya cepat lelah dan bosan dengan hal-hal yang berkaitan dengan kuliah, termasuk skripsi atau tugas akhir.

7. Berdamai dengan dosen


Bagi kamu yang merasa salah jurusan mungkin dosen itu ibarat polisi dan kamu adalah buronannya. Wajar saja, tetapi karena keberlangsungan proses pengerjaan skripsi atau tugas akhirmu juga dipengaruhi oleh dosen, maka berdamailah dengan beliau. Setidaknya ramah dan turutilah kata-kata beliau. Selain itu, cobalah untuk terbuka dengan dosen pembimbing. Bisa jadi dengan begitu dosen pembimbingmu menjadi sangat baik, membantu banyak dan tulus, serta mempermudah proses penyelesaian skripsi atau tugas akhirmu. Di samping itu, hubungan baik antara kamu dengan dosen tentu membantumu untuk bisa rajin bimbingan.

8. Bagi yang belum move on, jadikan mantan sebagai motivasi


Terkadang bayangan masa lalu yang kelam bisa mengganggu konsentrasi. Maka dari itu kini saatnya merubah mindset tentang patah hati atau mantan sebagai penghambat skripsi menjadi mantan adalah penyemangat. Tunjukkan pada mantanmu meskipun kamu salah jurusan tetapi kamu bisa lulus, sukses, dan mapan. Biarkan mantanmu menyesal karena telah menghianatimu. Sebaliknya bagi kamu yang justru berharap kembali dengan mantan, tunjukkan bahwa meskipun salah jurusan, tetapi kamu bisa lulus, sukses, dan mapan.
Dengan demikian siapa tahu si doi jadi berubah pikiran dan ngajakin balikan. Mulai sekarang, dari pada waktumu habis untuk ngepoin mantan, galau karena mantan, tertikam oleh rindu dan bayangan masa lalu, lebih baik mengerjakan skripsi atau tugas akhir. Jadikan skripsi atau tugas akhir sebagai pengalihan dari bayangan masa lalu.

9. Menikah


Menikah di saat mengerjakan skripsi atau tugas akhir mungkin terlihat konyol. Tetapi siapa sangka bahwa cara ini cukup efektif untuk menyemangatimu, terutama untukmu yang memang tidak ingin berpacaran dan langsung menikah saja. Dengan menikah, kamu akan mendapatkan semangat dari pasanganmu. Salah seorang dosen di Universitas Gadjah Mada pernah menceritakan bahwa beliau yang saat itu tengah bosan dengan skripsinya memilih untuk menikahi seorang wanita, kemudian skripsinya dapat diselesaikan dengan baik.
Wah, seru ya mengerjakan skripsi atau tugas akhir dengan kekasih halal. Maka menikahlah, setidaknya meskipun kamu salah jurusan dan IPKmu imut-imut, kamu bisa tetap eksis pada saat wisuda bersama kekasih halalmu.
"Capek, pusing, nikah ajalah, supaya ada yang bantuin."
Ini hanya salah satu saran, kalaupun kamu memilih untuk mengejar karir atau mengenyam pendidikan terlebih dahulu, hal itu juga sangat baik. Apalagi untukmu yang salah jurusan, kuliah lagi di jurusan lain sesuai passion tentu menjadi salah satu dari sekian banyak tujuan yang ingin dicapai. Ya kan?

10. Take it easy


"Santai, skripsi pasti berlalu."
"Step by step, perlahan tapi pasti."
Take it easy! Jangan sampai kamu sakit dan stres, hadapi dengan santai namun pasti. Bagi kamu yang salah jurusan, jangan merasa terbebani ya!

Semoga sukses!

0 komentar:

Posting Komentar