Senin, 13 Juni 2016

Pesona khas Kulonprogo yang jelas jelas bakal susah di temui di tempat lain dengan keunikan jembatan kreta api di kali progo yang belum semua orang tau.

Pesona jembatan kreta api yang melintasi kali progo, jembatan ini yang menghubungakan wilayah sedayu, kabupaten bantul dan sentolo, kabupaten kulonprogo. Jembatan kreta api di kali progo yang pertama kalinya di banging oleh Staatsspoorwegen (perusahaan kereta api Belanda) pada tahun 1930, kemudian jembatan dibangun ulang atau di perbaiki pada  tahun 1957 oleh perusahaan Djawatan kreta api Indonesia.

Bagi para pecinta kreta api (railfans) di Indonesia, terutama yang tinggal di daerah yogyakarta dan sekitarnya pasti sudah tidak asing dengan jembatan kreta api yang melintasi kali progo ini.pasalnya tempat ini merupakan salah satu tempat favorit bagi para railfans untuk berburu foto dan video kreta atau hanya sekedar menunggu kreta leawat.
Jembatan dengan panjang sekitar 96 meter ini merupakan salah satu jembatan terunik di dunia. Jembatan kreta api kali progo  yang lama di bangun dengan sistem roll sehingga tahan terhadapa guncangan gempa dan terjangan banjir kali progo karna tidak memiliki penyanga di tenggah jembatan. Tumpuan jembatan tersebut berada di ujung jembatan. Karna dengan keunikan jembatan ini sering di jadikan tempat penelitian tentang konstruksi jembatan, tidak hanya orang dari Indonesia saja bahkan dari belanda yang dating ke jembatan kali progo.

Keunikan lain dari jembatan kali progo adalah bentuk struktur kerangka jembatan yang berbentuk gunungan wayang yang sangant kental dengan budaya jawa.

0 komentar:

Posting Komentar